Apa Yang Dimaksud Dengan Bearing? Simak Penjelasan Singkatnya Berikut Ini
Apa Yang Dimaksud Dengan Bearing? Simak Penjelasan Singkatnya Berikut Ini

Apa Yang Dimaksud Dengan Bearing? Simak Penjelasan Singkatnya Berikut Ini

Istilah roller ball bearing mungkin masih terdengar asing bagi orang awam, namun bagi orang yang kerja di dunia otomotif tentunya sudah benar-benar paham akan istilah tersebut, jadi apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah bearing? Dan apa saja jenis dari bearing?

Apa Itu Bearing

Apakah Anda masih asing mendengar istilah bearing? Yang dimaksud dengan bearing adalah salah satu komponen pada mesin yang biasa juga disebut dengan lahar atau laher, fungsi dari bearing ini yaitu untuk mengurangi terjadinya gesekan pada poros dan elemen yang lain, karena gesekan yang terlalu kuat dapat menurunkan performa dari mesin.

Jadi roller ball bearing mempunyai peranan yang penting dalam menjaga shaft atau suatu komponen agar bergerak pada jalurnya, bearing sering digunakan dalam mesin industri hingga peralatan lainnya yang berputar.

Roller Bearing

Roller bearing ini berbentuk silinder atau roll yang umumnya digunakan untuk menanggung beban radian yang besar, bentuknya yang berupa silinder tersebut akan membuatnya lebih mudah mengenai kontak bagian inner surface dan juga outer surface, maka dari itu roller ball bearing sering digunakan dalam menanggung beban yang besar.

Meskipun memiliki kelebihan dalam menanggung beban yang besar tetapi Anda juga harus mengetahui jika roller bearing memiliki kelemahan, kelemahan yang dimiliki roller ball bearing yaitu tidak bisa dioperasikan dalam kecepatan tinggi, jadi untuk mengoperasikan mesin dengan roller bearing hanya bisa sekedar dalam kecepatan rendah hingga sedang.

Ball Bearing

Sesuai dengan namanya bentuk dari ball bearing yaitu seperti bola, terbuat dari bola baja yang kemudian diletakkan di kedua rel sebagai alur serta jalan agar bola berputar, ball bearing menjadi bantalan yang sering digunakan, karena terdapat titik kontak antara titik bola dengan komponen alur dan komponen jalan maka pergerakan ball bearing ini lebih cepat.

Meskipun terlihat cepat dan stabil tetapi dalam kecepatan tinggi tetapi ball bearing juga memiliki kelemahan, apakah kelemahan yang ada pada ball bearing? Dibalik keunggulan dalam hal pergerakan yang lebih cepat sayangnya ball bearing tidak mampu menahan beban berat.

Jadi untuk beban yang bisa diterima ball bearing memang cenderung lebih kecil, hal ini dapat terjadi karena beban akan dikirim dari outer surface terlebih dahulu menuju ke balls, baru setelah itu dilanjutkan ke inner surface, kontak yang terjadi antara outer surface dan inner surface inilah yang membuat ball bearing rentan terhadap beban yang berat, sangat berbeda dengan kinerja roller ball bearing.

Untuk memilih roller ball bearing memang harus Anda pertimbangkan sebaik-baiknya, roller bearing dan ball bearing memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kembali lagi Anda harus menyesuaikan dengan mesin yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *