Pengertian SKF Grease atau Minyak Gemuk sebagai Pelumas Mesin
Pengertian SKF Grease atau Minyak Gemuk sebagai Pelumas Mesin

Pengertian SKF Grease atau Minyak Gemuk sebagai Pelumas Mesin

Setiap mesin pasti memerlukan perawatan agar kinerjanya tetap maksimal meskipun telah digunakan selama bertahun-tahun. Mulai dari pembersihan, perbaikan, hingga penggantian bagian mesin. Salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan SKF Grease pada mesin.

Apa Itu SKF Grease?

SKF Grease atau minyak gemuk merupakan salah satu pelumas yang banyak digunakan pada berbagai mesin selain. Minyak gemuk digunakan untuk melumasi bagian-bagian tertentu yang tidak bisa diberi oli.

Mengapa Harus Pakai SKF Grease?

Sama seperti oli, minyak gemuk memang digunakan untuk melumasi bagian mesin agar kinerjanya tetap stabil dan maksimal. Namun perbedaannya, minyak oli digunakan pada bagian-bagian mesin yang selalu bergesekan.

Fungsi pemberian minyak gemuk adalah agar komponen-komponen mesin yang bergesek tidak memiliki hambatan gesekan, sehingga kinerjanya stabil dan tidak ada hambatan.

Apabila komponen yang bergesekan diberi oli saja, maka oli tersebut akan cepat habis. Oleh karena itu, minyak gemuk dibuat setengah padat agar tidak cepat habis ketika digunakan.

Selain itu, SKF Grease dapat melindungi komponen yang bergesekan dari terjadinya korosi, sehingga mesin akan tetap awet dan minim penggantian komponen.

Aplikasi SKF Grease

Minyak gemuk dapat diaplikasikan pada hampir semua jenis mesin. Mulai dari mesin-mesin industri, mesin kendaraan, alat konveyor, motor listrik, kipas industrial, dan lain sebagainya.

Selain itu, minyak gemuk juga dapat digunakan pada berbagai jenis bearing. Di antaranya:

  • Bearing berkinerja dan suhu tinggi; biasanya terdapat pada motor listrik, kipas industrial, pompa air, mesin kendaraan, alat berat, gerbang bendungan, dan lain sebagainya.
  • Bearing berkinerja ekstrim; biasanya terdapat pada roller pada mesin industri, roller pada mesin fotokopi, pompa vakum, dan lain sebagainya.
  • Bearing berkinerja dan suhu rendah; biasanya terdapat pada alat pemintalan, motor listrik kecil pada alat-alat medis, sepatu roda, robot, dan lain sebagainya.
  • Bearing pada mesin-mesin makanan; biasanya terdapat pada mesin pemanggang otomatis, mesin pembungkus makanan, peralatan pengolah makanan, dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan SKF Grease

Cara menggunakan SKF Grease bisa dibilang hampir sama dengan cara menggunakan oli. Yaitu dengan cara dioleskan pada komponen mesin. Pelumasan dapat dilakukan dengan tangan, maupun dengan alat yang disebut dengan “grease gun”.

Grease gun merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan dan melumaskan SKF Grease pada komponen-komponen mesin yang memerlukan minyak gemuk.

Berbeda dengan oil gun biasa, grease gun memiliki bagian seperti pompa yang digunakan untuk membantu pelumasan. Karena SKF Grease sangat kental, maka harus dipompa naik agar dapat disemprot dengan grease gun.

SKF Grease harus digunakan secukupnya. Tidak boleh terlalu sedikit, maupun terlalu banyak. Bila tidak, maka akan berdampak pada kinerja mesin yang tidak bisa maksimal, bahkan mengakibatkan kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *