Metode Yang Sering Digunakan Dalam Condition Monitoring SKF
Metode Yang Sering Digunakan Dalam Condition Monitoring SKF

Metode Yang Sering Digunakan Dalam Condition Monitoring SKF

Istilah condition monitoring skf tentunya terdengar baru di telinga orang yang tidak bekerja di bagian teknik, pemeliharaan mesin produksi wajib dilakukan untuk mengetahui performa mesin yang makin mengalami penurunan, padahal dibutuhkan biaya yang lumayan banyak dan  tidak sedikit dalam melakukan perawatan. 

Mengoptimalkan Kinerja Pada Mesin

Condition Monitoring atau sering disingkat dengan Conmon merupakan kegiatan yang berhubungan dengan proses maintenance pada peralatan teknik, proses maintenance biasanya dilakukan sebagai upaya untuk menganalisa beberapa parameter terjadinya kesalahan pada mesin, terlebih penggunaan mesin secara intens dapat mempengaruhi performanya.

Penting sekali memastikan umur dari mesin apalagi kondisinya saat beroperasi, perawatan secara berkala tentunya membantu mengurangi terjadi mati mesin, selain itu perawatan berkala juga membantu mengurangi biaya pemeliharaan menyeluruh, dengan condition monitoring skf akan mendatangkan beberapa keuntungan seperti hemat energi hingga produktivitas lebih tinggi, penerapan condition monitoring maintenance tidak hanya berfokus pada kemampuan mesin saat beroperasi tetapi juga ketahanan uji mesinnya.

Periodic Monitoring

Apa yang dimaksud periodic monitoring dalam condition monitoring? Seperti namanya periodic berarti proses pemantauan mesin yang dilakukan secara berkala, tujuan dari periodic monitoring ini agar membantu perlindungan pada mesin yang tidak vital pada proses produksi, contoh dari mesin yang tidak vital seperti salah satunya fan.

Terdapat tahapan cara yang digunakan dalam proses periodic monitoring, salah satunya dengan menempelkan mesin pada sebuah sensor, sensor yang digunakan tersebut nantinya dapat menunjukkan data vibrasi dari mesin, apakah berhenti sampai disitu saja? Tentunya masih ada tahapan dimana data akan disimpan kemudian dibawa condition monitoring analyst untuk selanjutnya diproses lewat komputer.

Pemantauan menggunakan metode periodic monitoring ini hanya dilakukan pada mesin yang ada di lingkungan yang membahayakan, jadi ada ketentuan tersendiri jika menggunakan metode yang satu ini.

Continuous Monitoring

Berbeda halnya dengan metode sebelumnya dimana continuous monitoring merupakan pemantauan yang dilakukan secara terus-menerus, tujuan dari menggunakan metode ini lebih luas daripada metode periodic monitoring, karena metode continuous monitoring digunakan dalam memantau serta melindungi mesin-mesin yang vital, apa saja yang masuk dalam mesin-mesin vital? Yang termasuk dalam mesin vital diantaranya generator; kompresor; turbin dan bermacam lainnya.

Cara continuous monitoring yaitu sensor vibrasi akan dipasang pada mesin secara permanen, pemasangan secara permanen ini sebagai bentuk condition monitoring procedure pada mesin secara terus-menerus, setelah dilakukan pemantauan maka data yang tercatat di sensor akan diolah melalui komputer, jika dalam proses analisis melalui komputer ditemukan kerusakan maka akan ada alarm yang berbunyi sebagai alarm peringatan.

Itulah pentingnya melakukan condition monitoring skf baik secara periodic atau continuous, dengan begitu kinerja mesin dapat lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *